5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

2 min read

Mendukung proses tumbuh kembang pada anak merupakan tanggung jawab orang tua. Termasuk menjaga kesehatan mata. Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia.

Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Pada masa anak-anak,penglihatan yang baik sangat dibutuhkan untuk proses tumbuh kembang nya. Namun tanpa disadari anak-anak sering kali melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat membawa pengaruh buruk bagi penglihatan nya.

Sebagai orangtua, Moms tentunya tidak ingin kan kalau mata anak menjadi rusak? Apalagi sampai mengharuskan ia menggunakan kacamata di usia nya yang masih kecil. Apabila mata sudah mengalami gangguan, maka hidup manusia pun ikut mengalami gangguan. Oleh karena itu penting untuk menjaga kesehatan mata selagi masih anak-anak. Penasaran apa saja tips dalam menjaga kesehatan mata pada anak? Simak melalui tulisan di bawah ini ya Moms.

1. Menjaga Kesehatan Mata dengan Menjauhkan Anak dari Gadget

Terlalu lama menatap layar televisi dan gadget dapat mengakibatkan mata lelah, mata kering dan gangguan ketajaman penglihatan. Selain itu, sinar biru yang dipancarkan dari layar gadget dan televisi juga dapat mengganggu lapisan retina mata. Oleh karena itu Moms harus mulai membatasi penggunaan gadget pada anak, mengutip dari klikdokter.com  Anak usia 0-18 bulan disarankan untuk tidak melihat layar gadget maupun televisi sama sekali. Sedangkan pada usia 18 bulan hingga 5 tahun, batas waktu yang aman adalah tak lebih dari 1 jam setiap harinya. Atau untuk mengalihkan perhatian nya, Moms juga bisa untuk sering mengajak nya bermain di luar rumah.

2. Menjaga Kesehatan Mata dengan Menggunakan Kacamata Hitam di Luar Ruangan

Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang cukup lama sangat dianjurkan lho Moms. Tak terkecuali pada anak-anak. Bukan hanya sekedar untuk bergaya tapi ternyata menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas diluar ruangan pada siang hari dilakukan untuk mencegah dampak negatif paparan sinar matahari langsung pada mata yang dapat merusak kornea dan retina. Selain itu penggunaan kacamata saat beraktivitas diluar ruangan pada siang hari juga dapat melindungi mata dari partikel-partikel yang bertebaran di udara sehingga tidak masuk ke mata.

3. Menjaga Kesehatan Mata dengan Tidak Membaca di Tempat Gelap

Hindari anak membaca di ruangan gelap ya Moms, karena membaca dalam ruangan gelap yang minim pencahayaan akan membuat pupil mata bekerja ekstra untuk menangkap cahaya lewat lensa retina. Dengan begitu, mata akan mudah lelah. Untuk mengatasi nya, Moms bisa meminta anak untuk membaca pada siang hari atau Moms bisa memberikannya lampu belajar jika ia ingin membaca di waktu malam atau di ruangan yang minim pencahayaan.

4. Memberikan Asupan Nutrisi yang Baik

Moms bisa membantu menjaga kesehatan mata pada anak dengan memberi nya makanan sehat dan bernutrisi tinggi. Wortel dikenal sebagai salah satu sumber terbaik penghasil vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain vitamin A, ternyata masih ada vitamin C,E, antioksidan dan asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan untuk kesehatan mata Moms. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari aneka jenis ikan, telur, buah, sayuran dan kacang-kacangan. Moms bisa kunjungi laman produk Ikanovasi untuk mendapatkan produk yang memiliki asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan anak tanpa perlu repot memasak karena sudah siap santap.

5. Rutin Periksakan Mata ke Dokter

Ajak si kecil untuk pergi ke dokter mata paling tidak setahun sekali ya Moms. Hal ini dilakukan untuk memeriksakan kondisi mata dan menilai fungsi penglihatan mata agar selalu terawasi dan jika ada kemungkinan gangguan pada mata maka bisa dideteksi lebih dini.

Itu dia Moms beberapa tips dalam menjaga kesehatan mata pada anak. Selalu kontrol dan awasi anak ya Moms. Jangan sampai organ vital pada anak tersebut rusak hanya karena kita lalai dalam mengawasi nya. Jangan  lupa juga untuk selalu memberikan asupan bernutrisi untuk membantu tumbuh kembang pada anak. Semoga bermanfaat ya Moms. Untuk artikel lainnya bisa dilihat di blog.ikanovasi

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *