7 Cara Mencegah Demensia di Hari Tua

2 min read

Salah satu fungsi otak adalah mengatur daya ingat manusia. Dan setiap manusia memiliki kemampuan daya ingat yang berbeda.  Maka tak heran jika sebagian orang sering kali mudah melupakan sesuatu hal yang telah terjadi. Namun hal tersebut tidak boleh dianggap sepele karena menurun nya daya ingat dapat menyebabkan terjadinya demensia di kemudian hari. Untuk mencegah demensia, berikut kami uraikan penjelasannya.

Apa itu Demensia?

Demensia merupakan sindrom yang berkaitan dengan penurunan fungsi otak seperti  menurunnya kemampuan daya ingat, menurunnya kemampuan berfikir, memahami sesuatu, melakukan pertimbangan, memahami bahasa dan penurunan kecerdasan otak. Orang awam seringkali menyebut demensia ini dengan sebutan pikun. Jika Moms bertanya apa saja gejala dari demensia ini maka jawabannya adalah kesulitan mencari kata-kata ketika berbicara, kesulitan dalam membuat perencanaan, mudah kebingungan hingga berkurangnya daya ingat.

Demensia ini dibagi menjadi dua jenis yaitu Alzheimer yang disebabkan oleh bagian otak yang tidak berfungsi dan Demensia Vaskular yang disebabkan kurangnya pasokan darah ke otak. Beberapa kasus demensia juga ditemukan karena faktor genetik.

Upaya Mencegah Demensia

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor gaya hidup dan pola makan ikut memberi dampak pada kualitas daya ingat.Untuk mencegah terjadinya demensia di kemudian hari, ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan.

1. Tidur Cukup

Kurangnya istirahat atau tidak cukup tidur merupakan salah satu faktor yang menyebabkan menurun nya daya ingat. Dilansir dari hellosehat.com orang dewasa membutuhkan 8 jam untuk tidur setiap malam nya. Tidur dengan kualitas yang baik atau tidur dengan nyenyak mampu membuang racun pada otak dan pembentukan daya ingat yang baik. Jadi mulai saat ini pastikan Moms memiliki waktu tidur yang cukup ya.

2. Mengurangi Konsumsi Gula

Selain dapat menimbulkan penyakit kronis seperti diabetes, ternyata sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang  mengkonsumsi gula secara berlebihan memiliki daya ingat yang buruk dan volume otak yang lebih rendah dibanding mereka yang mengkonsumsi gula dalam jumlah sedikit.

3. Olahraga Rutin

Olahraga sangat memberikan manfaat untuk semua kalangan usia. Dengan berolahraga secara rutin, akan meningkatkan sekresi protein pelindung saraf dan meningkatkan pertumbuhan serta perkembangan neuron yang sangat baik untuk kesehatan otak.

4. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang berlebih dapat menimbulkan obesitas. Obesitas dapat membawa pengaruh buruk terhadap otak seperti resistensi insulin dan peradangan. Selain itu seseorang yang menderita obesitas kemungkinan besar mengalami Alzheimer yaitu penyakit yang menghancurkan memori dan fungsi kognitif otak.

5. Melatih Otak dengan Berbagai Permainan

Salah satu cara efektif untuk merangsang kemampuan kognitif otak adalah dengan melakukan permainan yang mengasah otak. Banyak permainan otak menyenangkan yang dapat Moms lakukan seperti permainan teka-teki silang, permainan tarik kata atau beberapa permainan otak yang disediakan di telepon seluler. Selain menyenangkan, ternyata permainan-permainan otak tersebut telah terukti dapat menurunkan resiko terkena demensia lho Moms.

6. Kurangi Makanan Olahan Karbohidrat

Mengkonsumsi makanan olahan karbohidrat dalam jumlah besar seperti kue,mie instan dan sereal  ternyata dapat menurunkan daya ingat yang berujung pada demensia lho Moms. Hal ini dikarenakan makanan olahan karbohidrat mengandung indeks glikemik yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan melonjaknya kadar gula dalam darah.

7. Tingkatkan Kadar Asupan Vitamin D

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa vitamin D ini sangat bermanfaat untuk penyerapan kalsium dan tulang ya Moms. Namun ternyata masih banyak manfaat lain yang diberikan vitamin D untuk tubuh salah satunya meningkatkan daya ingat sehingga mencegah terjadinya demensia. Banyak sekali makanan yang mengandung vitamin D seperti ikan, kuning telur, hati sapi, dan lain-lain. Untuk mendapatkan asupan vitamin D secara praktis tanpa perlu mengolahnya, Moms bisa kunjungi laman https://ikanovasi.com/produk/

Nah itu dia Moms beberapa kiat untuk mencegah terjadinya demensia atau penurunan daya ingat. Jangan lupa dipraktekkan ya Moms agar di hari tua nanti kita dapat terhindar dari resiko demensia. Semoga bermanfaat dan terus ikuti Blog Ikanovasi

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Oleh karena itu penting...
Admin - Yoghi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *