Apa Sumber Kalsium untuk Anak yang Intoleransi Laktosa?

54 sec read

Pernah mendengar ada anak yang alergi atau tidak bisa minum susu? Atau anak Bunda Ayah mengalami hal serupa? Kondisi tersebut dinamakan Intoleransi Laktosa.

Intoleransi Laktosa adalah ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa dan menghasilkan sedikit enzim laktase. Laktosa adalah jenis gula yang terdapat pada susu atau produk susu. Siapa pun dapat mengalami Intoleransi Laktosa ini dan pada umumnya sering terjadi pada anak-anak.

Apa saja yang terjadi apabila anak menderita Intoleransi Laktosa?

  • Kadang mual dan muntah
  • Ruam gatal
  • Diare berbuih
  • Pertumbuhan dan perkembangannya terlihat lambat

Beberapa gejala di atas muncul dalam jangka waktu 30 menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi susu atau produk susu, namun reaksi masing-masing tubuh berbeda.

Bunda dan Ayah mungkin kebingungan untuk mengganti susu yang dipercaya sebagai sumber kalsium untuk anak. Sedangkan kalsium sendiri sangat penting untuk tulang dan tumbuh kembangnya. Perlu digarisbawahi kembali, sumber kalsium itu tidak hanya susu. Masih banyak makanan atau minuman yang dapat menjadi sumber kalsium bagi anak yang menderita Intoleransi Laktosa. Salah satunya adalah Sipetek Crispy Ikan.

Seperti yang sudah dibahas di artikel sebelumnya bahwa dalam 100g Sipetek Crispy Ikan terkandung 2114mg kalsium. Dengan jumlah yang sangat mumpuni ini, Bunda dan Ayah dapat memberikannya untuk beberapa hari. Jadi tidak harus habis dalam satu kali konsumsi. Karena pada dasarnya kebutuhan kalsium juga ada batasannya. Jadi jangan terlalu kurang ataupun lebih.

Selain memenuhi sumber kalsiumnya dengan makanan atau minuman lain, Bunda dan Ayah juga harus rajin berkonsultasi kepada dokter tentang Intoleransi Laktosa yang dialami anak. Jangan sampai kita sebagai orangtua lalai dan salah langkah dalam menanganinya.

Semoga bermanfaat

Sumber: hellosehat.com, sipetek.id

 

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Oleh karena itu penting...
Admin - Yoghi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *