Bekal Sekolah Anak Praktis, Tanpa Ribet

1 min read

Ada begitu banyak jajanan tidak sehat yang betebaran di sekolah si kecil. Terkadang, jika kita kurang mengawasi apa yang dikonsumsi anak-anak kita di sekolah, bisa berakibat fatal lho. Bagi para bunda diluar sana, alangkah baiknya untuk membuat bekal sekolah anak yang praktis dirumah untuk sang buah hati.

Selain praktis, sehat, anak akan lebih senang ketika membawa bekal makanan penuh cinta dari sang bunda. Membuat bekal makanan untuk anak sekolah bisa dikatakan sebagai tantangan tersendiri bagi seorang ibu rumah tangga. Apalagi bekal tersebut haruslah bergizi dan memberikan efek yang baik untuk perkembangan otak si kecil.

Lalu bagaimana caranya agar membuat bekal makanan tanpa ribet? Mari simak tipsnya!

  1. Perhatikan Dulu Tipe Makan si Kecil
    Sebelum memulai membuat bekal, Bunda dapat lebih dulu mengenali kecenderungan si kecil dalam memilih makanan. Jika memang si kecil termasuk picky eater, maka Bunda bisa memberikan alternatif makanan pengganti/disajikan dalam bentuk yang membuat ia suka. Misalnya, mengganti buah dengan diolah menjadi agar-agar yang mudah dibuat (sumber:food.detik.com). Namun jika bisa, Bunda harus membiasakan si kecil untuk mengonsumsi makanan apapun asalkan bergizi dan baik untuk kesehatannya.
  2. Persiapkan Bahannya Malam Sebelumnya
    Alangkah baiknya jika Bunda menyiapkan ide serta bahan makanannya sedari malam. Misal memotong buah dan sayuran pada malam hari, lalu ditaruh di dalam freezer agar tetap fresh. Hal ini dilakukan agar  ketika pagi, Bunda hanya perlu platting ke dalam ompreng.
  3. Kreasikan Menu
    Dalam memilih menu sebenarnya Bunda tidak perlu pusing karena isi bekal yang sehat itu cukup terdiri dari Karbohidrat, Protein, Serat Buah dan Sayur (dikutip dari www.msn.com). Karbohidrat yang sering kita konsumsi adalah nasi. Nasi dapat Bunda kreasikan dengan dibentuk kreatif. Lalu untuk protein, Bunda bisa memilih ikan/telur/ayam/daging yang disesuaikan dengan selera si kecil. Begitupun untuk sayur dan buah, jika si kecil kurang suka dengan ini, Bunda bisa mengatasinya dengan dibentuk dan diplatting semenarik mungkin. Usahakan agar Bunda memilih menu yang penuh warna agar disukai si kecil.
  4. Gunakan Tempat yang Mudah Digunakan
    Setelah mempersiapkan dan memilih menu, Bunda juga perlu memerhatikan tempat bekal yang akan dibawa si kecil. Pilihlah tempat bekal dengan bentuk, warna, dan karakter yang disukai si kecil, tapi tetap yang aman dibuka dan mudah ditutup kembali.

Bagaimana Bunda? Mudah diikuti kan? Intinya adalah Bunda bisa mempersiapkan semuanya saat malam sebelumnya agar tidak kerepotan di pagi hari. Dan untuk menu, kuncinya Bunda tetap ditantang untuk sekreatif mungkin dalam memilih dan menyajikannya dengan tujuan semata-mata agar si kecil lahap dengan makanan yang telah disiapkan Bunda.

Adapun bunda bisa memberikan taburan Sipetek Crispy Ikan pada setiap bekal yang bunda berikan. Selain harganya murah, Bunda tidak perlu kebingungan karena Sipetek Crispy Ikan cocok dipadukan dengan bekal sikecil, apapun jenis makanannya 🙂

Semoga bermanfaat 😀 Jika Bunda memiliki tips yang lebih sederhana, mari berdiskusi bersama kami di kolom komentar 🙂

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *