Bolehkah Ibu Hamil Makan Sushi?

1 min read

Di Indonesia banyak sekali penggemar makanan khas jepang yang satu ini yaitu sushi. Mungkin Moms termasuk salah satu nya. Namun jika saat ini Moms sedang dalam masa kehamilan apakah masih terbilang aman untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini? Mengingat sushi ini terbuat dari ikan mentah maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum Moms mengkonsumsi nya. Untuk mencari tahu jawabannya simak tulisan tentang makan sushi untuk ibu hamil di bawah ini ya Moms.

Amankah Makan Sushi bagi Ibu Hamil?

Mengutip laman nhs.uk  aman atau tidak nya mengkonsumsi sushi ini tergantung dari jenis ikan apa yang digunakan dan harus dipastikan bahwa ikan yang digunakan sebagai bahan baku sudah melalui proses pembekuan dengan tujuan agar memastikan ikan yang digunakan sudah bebas dari bakteri. Selain paparan bakteri, ikan laut juga biasanya mengandung merkuri yang dapat berbahaya bagi kandungan, oleh karena itu beberapa ahli sangat menganjurkan jika ibu hamil tetap ingin mengkonsumsi sushi maka pilihlah sushi yang dibuat dari ikan matang jangan setengah matang apalagi mentah.

Sushi yang dibuat dari ikan mentah seperti salmon didalamnya terdapat cacing parasit kecil yang dapat menimbulkan beberapa penyakit. Infeksi cacing parasit kecil ini dapat menimbulkan suatu kondisi yang disebut anisakidosis. Pada saat mengkonsumsi sushi mentah Moms mengalami sakit perut, mual, muntah dan diare maka segera hentikan konsumsi nya ya Moms karena gejala-gejala tersebut menunjukkan bahwa sushi yang Moms konsumsi sudah terpapar infeksi cacing parasit yang tadi disebutkan dan hal ini bukan tidak mungkin dapat membawa pengaruh buruk terhadap Moms dan juga janin dalam kandungan.

Tips Aman Makan Sushi

Merangkum beberapa laman artikel, berikut tips aman bagi Moms yang ingin mengkonsumsi sushi selama masa kehamilan

  • Pilih ikan hasil budidaya, salmon yang hidup di laut sangat besar kemungkinan nya terdapat cacing parasit. Sehingga memilih salmon budidaya adalah pilihan tepat untuk mengantisipasi terhadap resiko tersebut.
  • Ikan harus dibekukan, proses pembekuan ikan yang akan dijadikan sebagai sushi sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Hal ini untuk mencegah terpaparnya ikan oleh bakteri.
  • Konsumsi ikan dalam kondisi matang, konsumsi sushi dengan bahan baku ikan matang adalah pilihan yang sangat tepat dan aman untuk ibu hamil. Karena proses pematangan ikan akan membunuh bakteri dan cacing parasit yang terdapat pada ikan mentah.

Makanan Pengganti Sushi

Sudah dijelaskan di atas jika Moms ingin aman mengkonsumsi sushi maka konsumsi dalam kondisi matang. Namun jika Moms terlalu repot menemukan atau membuat sushi matang sendiri, masih ada banyak pilihan makanan ikan lainnya. Ikan memang sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam ikan terdapat asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk pertumbuhan otak janin. Jadi sebagai referensi, Moms dapat temukan produk olahan perikanan lainnya pengganti sushi di laman https://ikanovasi.com/produk/ .

Sudah cukup ya Moms pemaparan mengenai makan sushi bagi ibu hamil. Pada intinya, aman saja ibu hamil mengkonsumsi sushi asalkan mengolah nya dengan cara yang tepat. Semoga bermanfaat Moms selalu jaga kondisi kesehatan Moms dan keluarga dengan rutin makan ikan dan selalu ikuti Blog Ikanovasi untuk informasi dan tips kesehatan lainnya.

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Oleh karena itu penting...
Admin - Yoghi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *