Galau Karena Asi Tidak Lancar? Coba Makanan Pelancar Asi Berikut Ini

2 min read

Asi merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi ketika lahir sampai akhirnya ia bisa mendapatkan makanan pendamping asi. Namun banyak Moms yang mengalami kegalauan tatkala asi yang diproduksi nya terhambat alias tidak lancar. Namun, jangan khawatir Moms karena pada tulisan kali ini kami akan menginfokan makanan pelancar asi. Simak pemaparannya berikut ini ya.

Faktor Penghambat Produksi Asi

Sebelum kita bahas apa saja makanan yang dapat membantu memperlancar asi, ada baiknya Moms ketahui dulu apa sih yang menyebabkan asi tidak lancar. Berikut beberapa faktor yang jadi penyebabnya :

  • Bayi lahir prematur, bayi yang lahir dengan usia kurang dari 34 minggu sangat lemah dan akan mengalami kesulitan dalam menghisap asi. Hal ini menyebabkan keluarnya asi sangat sedikit dibanding dengan bayi yang lahir dengan berat badan normal.
  • Kondisi psikis ibu, ibu dengan kondisi psikis yang tidak baik seperti stress akan mempengaruhi terhadap asi yang dihasilkan nya. Hal ini terjadi karena ketika ibu dalam kondisi cemas, tegang dan stress akan mengganggu lakstasi sehingga akan mempengaruhi produksi asi.
  • Konsumsi alkohol, konsumsi alkohol dapat mempengaruhi produksi asi hal ini karena dalam alkohol terdapat kandungan etanol sehingga volume asi yang dikeluarkan pun sedikit.
  • Konsumsi ramuan herbal secara berlebihan, herbal yang perlu dihindari antara lain peterseli, oregano, melati dan pappermint.

Daftar Makanan Pelancar Asi

Jika faktor-faktor penghambat produksi asi di atas terjadi atau sedang Moms alami, sebaiknya mulai sekarang segera dihindari dan untuk mendukung produksi asi ada beberapa pilihan makanan yang dapat Moms konsumsi.

1. Daun Katuk

Daun katuk dipercaya para orang tua zaman dahulu sebagai makanan pelancar asi. Dan kepercayaan orang tua dahulu tentang daun katuk ini ternyata bukan tanpa alasan lho Moms, hal ini didukung oleh fakta bahwa pada daun katuk terdapat 20gr protein yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Walaupun sebenarnya jumlah protein yang dibutuhkan ibu menyusui sebanyak 60gr namun daun katuk ini cukup membantu kok Moms. Dan untuk memaksimalkan jumlah protein yang dibutuhkan selama menyusui, Moms bisa lho mengkombinasikan sayur katuk ini dengan tambahan Crispy Ikan. Crispy ikan mengandung protein yang cocok untuk melengkapi kekurangan protein dari daun katuk tadi yang hanya mengandung 20gr protein.

 

2. Wortel

Selama ini kita tahu bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata karena mengandung vitamin A. Namun ternyata selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik dikonsumsi ibu menyusui karena dapat meningkatkan laktasi yang berfungsi memperlancar dan meningkatkan kualitas asi. Moms bisa mengkonsumsi wortel baik dalam keadaan mentah, dikukus atau dibuat sup.

3. Biji Wijen Hitam

Biji wijen hitam mengandung kalsium yang sangat baik dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat meningkatkan suplai asi yang dihasilkan. Moms bingung bagaimana cara mengkonsumsi biji wijen hitam ini? Moms dapat mencampurkan biji wijen hitam dengan kacang almond dan susu lalu di blender. Tapi ingat ya Moms konsumsi biji wijen hitam ini harus dalam batas wajar tidak boleh berlebihan.

4. Bayam

Bayam baik dikonsumsi ibu menyusui karena memiliki kandungan zat besi dan asam folat yang dapat meningkatkan produksi asi. Selain itu bayam juga baik untuk ibu yang menderita anemia dan kandungan kimia pada bayam juga berfungsi sebagai detoktifikasi. Tapi kembali lagi sesuatu yang berlebihan tidak akan baik termasuk konsumsi bayam ini. Konsumsi bayam yang berlebihan akan membuat bayi diare Moms. Tidak ingin hal itu terjadi kan? Jadi tetap konsumsi secukupnya saja ya.

5. Susu Sapi

Susu sapi mengandung kalsium dan EFA yang baik dikonsumsi ibu menyusui karena dapat meningkatkan laktasi yang baik untuk produksi asi. Selain itu ibu menyusui yang rutin minum susu setidaknya dua gelas perhari mampu menurunkan resiko bayi terkena alergi susu sapi dikemudian hari lho Moms.

6. Kurma

Selain rasa manis yang khas nan melezatkan, ternyata kurma ini juga baik dikonsumsi oleh ibu menyusui Moms. Kurma mampu memberikan energi dan nutrisi yang baik untuk tubuh sehingga dapat meningkatkan produksi asi.

7. Pare

Si hijau yang satu ini tak boleh diremehkan manfaatnya Moms. Meskipun rasanya memang pahit, pare ini ternyata merupakan sumber asam folat dan fitonutrien yang baik untuk produksi dan kualitas asi lho Moms. Selain itu, pare juga mengandung vitamin K, likopen, fitokimia liutein dan kaya akan antioksidan. Jangan khawatir dengan rasa pahitnya Moms karena ada banyak cara yang dapat meminimalisir rasa pahit tersebut. Salah satunya dengan menjadikan pare sebagai smootie dipadukan dengan bahan lainnya seperti almond dan susu.

Itu dia 7 makanan pelancar asi moms. Makanan-makanan tersebut mudah ditemukan kan Moms? Jadi jangan ragu untuk mencoba di rumah yaa agar hasil nya dapat langsung Moms rasakan. Selalu ikuti Blog Ikanovasi karena makin tahu makin banyak ilmu. Semoga bermanfaat.

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *