Jangan Remehkan Manfaat Pelukan pada Anak

1 min read

Pelukan pada anak merupakan salah satu tanda kasih sayang orang tua. Banyak sekali manfaat pelukan pada anak yang akan membawa pengaruh positif terhadap kondisi psikis nya. Anak akan merasa sangat dicintai dan diinginkan oleh orang tua nya. Selain itu masih banyak lagi manfaat lainnya, langsung saja kita bahas satu persatu yuk.

Manfaat Memberi Pelukan pada Anak

Manfaat pelukan pada anak tidak boleh dianggap remeh lho Moms. Para ahli mengungkapkan bahwa setiap hari setidaknya anak membutuhkan 5-6 pelukan dari orang tua nya untuk bertahan hidup. Selain itu para ahli juga mengungkapkan bahwa pelukan juga membuat tumbuh kembang nya menjadi lebih baik. Berikut kami uraikan apa saja manfaat lainnya :

1. Anak yang Sering dapat Pelukan lebih Cerdas

Pelukan yang diberikan orang tua pada anak akan merangsang pelepasan oksitosin pada otak sehingga berdampak baik pada perkembangan struktur otak. Peneliti di eropa melakukan penelitian terhadap beberapa bayi di panti asuhan, hasilnya bayi yang mendapatkan sentuhan lembut, belaian dan pelukan selama 20 menit perhari terbukti tumbuh kembang nya lebih baik dibanding bayi yang tidak mendapatkan pelukan. Meskipun hal ini bukan berarti dapat meningkatkan IQ anak namun kembali lagi bahwa pelukan ini dapat merangsang perkembangan struktur  otak. Dukung manfaat dari pelukan ini dengan memberikannya asupan yang bernutrisi seperti ikan yang baru-baru ini ditemukan fakta bahwa anak yang makan ikan lebih cerdas dibanding mereka yang tidak makan ikan.

2. Anak yang Sering dapat Pelukan Memiliki Stamina yang Kuat

Seperti sudah dijelaskan pada poin diatas bahwa berpelukan dapat melepaskan oksitosin atau hormon cinta pada anak sehingga kadar oksitosin dalam darah pun ikut meningkat. Hal tersebut bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga dapat menurunkan kadar hormon tiroid dalam plasma yang menyebabkan luka cepat membaik.

3. Menghindari Anak dari Stress

Pada saat anak mendapatkan pelukan, kadar hormon endorfin dalam tubuh akan meningkat. Hal tersebut bermanfaat  untuk mengurangi ketegangan saraf dan juga tekanan darah. Selain itu, anak yang jarang mendapatkan pelukan kadar hormon kortisol nya akan meningkat sehingga anak kesulitan dalam mengatur emosi nya. Akibatnya anak akan mudah emosi, kesehatan fisik nya terganggu bahkan akan mempengaruhi penalaran verbal nya.

4. Anak yang Sering dapat Pelukan Lebih Bahagia

Pelukan dapat mentrasnfer energi baik untuk anak sehingga mood dan suasana hati nya pun akan selalu dalam keadaan baik. Anak yang sering mendapatkan pelukan merasa dirinya dicintai dan disayangi sehingga ketika ia tumbuh dewasa akan menjadi pribadi yang penyayang dan berempati tinggi.

5. Menghentikan Tantrum pada Anak

Pada saat anak dalam kondisi tantrum tak sedikit orang tua yang justru memarahi atau bahkan mengabaikannya. Padahal sebaiknya hal itu harus dihindari Moms. Karena ketika anak tantrum dimarahi ia akan semakin memberontak. Ada baiknya ketika anak tantrum Moms segera memeluknya hangat. Hal ini ampuh untuk meredakan emosi nya karena efek dari pelepasan hormon cinta atau oksitosin.

Tak disangka ternyata  ada banyak manfaat hanya dengan memberikan pelukan pada anak ya Moms. Jadi sudahkah Moms memberikan pelukan terbaik untuk si kecil hari ini? Jangan ragu untuk memeluknya ya Moms. Ikuti terus perkembangan Blog Ikanovasi. Semoga bermanfaat.

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Oleh karena itu penting...
Admin - Yoghi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *