Makanan yang Mengandung DHA

1 min read

DHA merupakan asam lemak omega-3 yang memiliki manfaat penting bagi tubuh, terutama anak-anak. Untuk memenuhi kebutuhannya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung DHA. Namun sebelum itu, mari kita bahas lebih dalam apa manfaat DHA, jumlah yang harus dipenuhi, dan bagaimana jika kekurangan zat tersebut.

Dikutip dari fimela.com, DHA zat yang sangat penting bagi anak-anak karena jika tidak terpenuhi dengan cukup itu akan mengganggu keseimbangan tubuh dan bahkan berpengaruh kepada perkembangan otaknya.

Berikut Efek Jika Kekurangan DHA

  • Menurunkan Kecerdasan

Prestasi anak cenderung turun akhir-akhir ini tanpa alasan yang jelas? Hati-hati Bunda, bisa jadi itu tanda anak kekurangan DHA. Penurunan kecerdasan ini juga ditandai dengan menurunnya daya ingat juga daya pikir serta kurang konsentrasi sehingga anak kesulitan dalam belajar.

  • Kualitas Tidur Terganggu

Kekurangan DHA dapat menimbulkan masalah tidur seperti susah tidur, sering terbangun, dan merasa cemas. Pola tidur yang buruk itu juga dapat mengganggu kesehatan sehingga anak bisa rentan terkena penyakit.

  • Terganggunya Kesehatan Mata

Dikutip dari alodoketer.com, DHA merupakan komponen utama yang menyusun retina mata. Jika kurang asupan DHA maka kesehatan mata anak akan terganggu.

Karena sangat penting dipenuhi, berikut kami rangkum jumlah kebutuhan DHA dan Omega 3 yang disesuaikan dengan tingkat usia:

1-3 tahun         = 700mg per hari

4-8 tahun        = 900mg per hari

9-13 tahun       = 1000-1300mg per hari

(sumber: alodokter.com)

Untuk memenuhi kebutuhan DHA, Bunda bisa menemukannya pada makanan-makanan yang mengandung DHA.

Daftar Makanan yang Mengandung DHA

  • Ikan

Berikut beberapa ikan yang mengandung DHA: Ikan Salmon, makarel, minyak ikan, tiram, sarden, ikan teri, ikan tuna, ikan kembung atau yang praktis, Crispy Ikan Sipetek yang juga mengandung DHA.

  • Sayuran Hijau

Berbagai jenis sayuran hijau yang mengandung DHA adalah bayam, brokoli, bunga kol, dan kale.

  • Protein Hewani

Telur, Susu, Yogurt termasuk protein hewani yang mengandung DHA.

  • Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan yang mengandung DHA adalah edamame, tahu, tempe, kacang walnut, hazelnut, bahkan almond.

Kesimpulannya, Bunda perlu memerhatikan asupan gizi harian anak termasuk DHA. Karena jika kekurangan DHA, anak akan kesulitan belajar sehingga berpengruh terhadap kecerdasannya juga kualitas tidurnya akan memburuk. Kekurangan DHA dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung DHA seperti ikan, sayuran hijau, protein hewani, juga kacang-kacangan.

Semoga bermanfaat! Baca juga artikel-artikel sebelumnya  dan nantikan artikel selanjutnya.

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *