Persiapan Persalinan Normal

2 min read

Setelah mengandung sembilan bulan, melahirkan adalah momen yang tentunya paling mendebarkan bagi calon ibu, tak terkecuali ibu yang telah memiliki pengalaman melahirkan sebelumnya. Selain mendebarkan dan membuat panik, momen ini biasanya diisi dengan berbagai macam persiapan persalinan.

Ada berbagai macam persalinan yang bisa dipilih atau menjadi pilihan terbaik untuk calon ibu. Beberapa di antaranya adalah persalinan Normal, Caesar, dan Water Birth. Di antara ketiganya, persalinan normal masih menjadi idaman karena minimnya risiko. Namun bukan berarti tidak ada risiko sama sekali dan juga tidak semua perempuan hamil dapat melahirkan dengan normal. Maka dari itu, mari kita bahas persiapan persalinan apa saja yang harus dilakukan bagi calon ibu agar dapat melahirkan secara normal.

Ada beberapa persiapan persalinan untuk melahirkan normal. Berikut penjelasannya.

1. Kekuatan Mental untuk Persiapan Persalinan Normal

Cemas, takut, dan belum siap adalah hal yang sering dialami calon ibu yang menginjak trimester akhir. Hal ini wajar karena kekuatan mental tiap orang berbeda. Namun hal ini sangat perlu diperhatikan karena kondisi mental yang tidak siap dalam proses persalinan normal dapat membuat calon ibu maupun bayi di dalamya menjadi stres dan tidak tenang sehingga akan mempersulit proses persalinan secara normal, bahkan mempengaruhi kesehatan keduanya.

Oleh sebab itu, calon ibu harus meyakinkan kepada diri sendiri agar benar-benar siap dalam menghadapi proses persalinan normal. Perlu dukungan juga dari suami tercinta dan keluarga agar semakin mantap mental calon ibu sehingga ia dan juga bayi di dalam kandungannya dapat rileks dan melewati semua prosesnya dengan lancar.

2,. Menjaga Kesehatan

Kondisi mental yang tidak siap sering membuat kesehatan pun cepat drop. Namun ternyata tak hanya mental, pola makan, dan pola tidur pun juga perlu diperhatikan dalam persiapan persalinan. Untuk pola makan yang sehat, mungkin calon ibu sudah dapat memerhatikan dan mengaplikasikannya sejak awal kehamilan seperti mengonsumsi gizi seimbang. Begitu juga dengan pola tidur, terutama ketika masuk trimester akhir, calon ibu harus cukup tidur agar memiliki tenaga/stamina yang baik untuk proses persalinan, menyusui, dan berjaga sepanjang malam ketika bayi sudah lahir

3. Latihan sederhana sebagai bagian dari Persiapan Persalinan

Untuk mendukung kesiapan mental juga kesehatan. Ada baiknya dan sangat dianjurkan untuk calon ibu melakukan latihan sederhana menjelang persalinan normal.

Berikut beberapa latihan sederhana menjelang persalinan yang dikutip dari bidanku.com:

  • Latihan Jongkok

Latihan ini dilakukan agar bayi mengikuti bergerak dan menemukan jalan lahir.

  • Latihan Kegel

Dilakukan agar proses persalinan dapat lebih cepat, juga membantu menguatkan otot perut dan rahim.

  • Latihan Penjahit Duduk

Latihan ini dilakukan agar calon ibu lebih siap dalam proses persalinan normal.

  • Latihan Panggul

Dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di bagian punggung.

4. Persiapkan Barang yang Dibutuhkan dalam Proses Persalinan

Tentu bagian ini sudah dipikirkan bahkan tidak jarang dipersiapkan sebelum menginjak trimester akhir. Namun calon ibu dan suami perlu membuat list pasti agar benar-benar membawa barang yang dibutuhkan. Jangan sampai barang yang nyatanya tidak perlu dibawa membuat pergerakan dan prosesnya menjadi rumit juga menyusahkan. Berikut beberapa barang yang sangat penting dibawa menjelang proses persalinan normal.

  • Perlengkapan Calon Ibu

Seperti pakaian untuk persalinan, pakaian ganti, pakaian dalam, selimut, perlengkapan mandi, pembalut sehabis persalinan dll.

  • Perlengkapan Si Kecil

Pakaian bayi newborn, selimut, perlengkapan mandi, kain, popok, dll.

5. Berkonsultasi dengan Dokter

Ini sangat penting, seperti apapun persiapan persalinannya, saran dari dokter tetap yang harus jadi pertimbangan. Jangan sampai mendahulukan ego dalam memilih proses persalinan normal. Berkonsultasilah dahulu dengan dokter, apakah kondisi calon ibu dan bayi memungkinkan untuk proses persalinan normal atau harus menempuh proses persainan lain. Juga jangan lupa pilih rumah sakit untuk persalinan. Jika sudah berkonsultasi maka lakukan kembali persiapan persalinan sesuai yang dianjurkan.

Dari beberapa poin di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa persiapan persalinan tidaklah mudah. Calon ibu ataupun ibu yang sudah berpengalaman melahirkan tetap harus didampingi penuh oleh suami dan dokter untuk berkonsultasi agar proses persalinan minim risiko.

Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel https://sipetek.id/makan-ikan-saat-hamil-bolehkah/

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Ini Loh Cara Mudah untuk Ayah dalam Mengatur Pola…

Ibu memang memegang peranan penting dalam mengurus buah hati, termasuk dalam urusan mengatur pola makan. Namun apakah itu hanya bisa oleh Ibu? Bagaimana dengan...
Admin - Yoghi
54 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *