Dalam melakukan promosi penjualan, kadang-kadang kita melupakan hal penting apa yang sebenarnya orang lain pikirkan dan inginkan terhadap produk Anda.
Sebelum melakukan promosi, pastikan Anda memiliki jawaban atas pertanyaan yang mendasar ini : Apa yang orang lain pikirkan terhadap produk Anda? Dan bagaimana cara mengatasinya?
Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa mencari tahu dengan menjawab hal-hal yang menjadi pertanyaan terhadap produk Anda agar Anda bisa melakukan promosi penjualan yang efektif.
1. Apa Keuntungan atau Manfaat produk Anda Bagi Mereka
Orang hanya membeli karena satu alasan, yaitu untuk mendapatkan hasil atau manfaat dari suatu produk yang Anda tawarkan.
Pastikan produk anda memiliki value atau nilai lebih bagi mereka. Entah produk Anda dibidang Jasa, Kosmetik atau Makanan seperti crispy ikan sipetek. Tawarkan dulu Manfaatnya.
Dengan begitu, Orang lain tidak akan menyesal dengan produk yang anda tawarkan. Kerena mereka merakan keuntungan dan produk anda.
2. Ketahui apa yang mereka inginkan
Disinilah anda harus memahami daya tarik emosional yang menarik prospek anda. apakah mereka ingin menjadi lebih kaya, lebih pintar, lebih tampan, lebih kurus atau lebih populer? apakah mereka ingin menghemat waktu, uang atau usaha?
gunakan keinginan mereka untuk menarik diri mereka sendiri, disitulah Anda akan membuat mereka menganggukkan apa yang anda ucapkan.
3. Apa yang membuat mereka percaya atau yakin terhadap produk anda
Disinilah point penting yang harus anda ketahui, Faktanya orang lain akan lebih memilih produk ke orang – orang yang mereka percayai.
Jika anda belum mengenal mereka, jangan langsung menawarkan produk anda kepada mereka, karena itu kurang efektif. Gunakanlah pendekatan terlebih dahulu, atau anda bisa memberikan testimoni positif dari pelanggan anda sebelumnya dan menekankan manfaat dan keuntungan produk anda.
Sehingga anda bisa menyakinkan mereka, bahwa produk anda sudah dipercayai oleh banyak orang.
4. Jangan biarkan mereka mengatakan tidak
Jangan biarkan mereka mengatakan tidak, ingatkan mereka tentang manfaat atau keuntungan jika mereka membeli produk anda.
Beritahu mereka bagaimana mereka dapat mengubah semuanya dalam sebuah kesempatan, hanya dengan investasi kecil, jika mereka menggunakan atau membeli produk anda.
5. Jangan biarkan mereka merasa menyesal membeli produk yang anda tawarkan
Disinilah anda harus memberikan jaminan produk yang anda tawarkan kepada mereka.
katakan kepada mereka bahwa anda dapat memberikan jaminan kepuasan 100%, Misalnya jika ada barang rusak, anda dapat menggantinya dengan produk yang baru.
yang paling penting adalah membuat mereka nyaman dengan produk yang anda tawarkan. Sehingga mereka tidak menyesal karena telah membeli produk anda.
Pada akhirnya, promosi penjualan bergantung dengan Anda
Ketika anda memiliki semua poin ini, anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari produk anda, tetapi anda juga bisa memberi tahu prospek bahwa anda peduli dengan masalah mereka dan anda memiliki solusi yang mereka butuhkan.