Moms dan keluarga suka makan ikan? Jika jawabannya iya, kabar gembira bagi Moms dan keluarga  karena ternyata dengan rutin mengkonsumsi ikan bisa meningkatkan kecerdasan lho terutama pada anak-anak. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan dinilai jauh lebih baik dibanding jenis daging merah dan daging ayam. Sebagaimana diketahui, ikan kaya akan kandungan nutrisi seperti protein dan kandungan asam lemak omega 3. Namun yang jadi permasalahannya, kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan ini sering kali berkurang bahkan hilang setelah melewati proses pengolahan. Untuk mendapatkan kandungan nutrisi ikan yang baik dan maksimal, Moms harus memperhatikan proses dalam pengolahan ikan. Ingin tahu bagaimana cara mengolah ikan yang tepat? Simak tips nya di bawah ini yuk.

Mengapa  Perlu Memperhatikan  Bagaimana Ikan diolah?

Sedikit  banyaknya kandungan nutrisi yang tersisa dari olahan ikan salah satunya dipengaruhi dari cara pengolahan nya.  Sejumlah metode pengolahan justru merusak dan mengurangi kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan, sedangkan ada juga beberapa metode yang menyebabkan masuknya unsur karsinogen ke dalam sajian masakan yang dapat membawa dampak buruk pada tubuh jika dikonsumsi dalam jangka panjang.  Oleh karena itu, sayang kan Moms kalau kandungan nutrisi yang begitu kaya pada ikan harus hilang hanya karena keliru dalam cara pengolahan nya? Berikut kami sajikan cara dalam mengolah ikan yang tepat untuk menjaga kandungan nutrisi nya, dikutip dari halodoc.com

Ikan Segar

1. Pastikan Ikan yang dibeli dalam Kondisi Segar

Cara paling awal untuk menentukan kualitas ikan adalah dengan memastikan kesegaran nya. Pilihlah ikan dalam kondisi insang yang berwarna merah segar dan tidak berlendir, mata bercahaya dan tidak mengeluarkan bau amis yang menyengat. Sisik ikan juga perlu diperhatikan, jangan memilih sisik ikan yang sudah rusak.

Cara mengolah ikan dengan metode fish baking
Fish Baking

2. Cara Mengolah ikan dengan metode baking

Teknik baking atau pembakaran ini sangat cocok untuk Moms yang ingin memasak ikan dalam keadaan yang utuh. Teknik baking ini tidak prosesnya tidak begitu rumit dan tidak memerlukan tenaga ekstra. Untuk menjaga kandungan nutrisi pada ikan, perhatikan penggunaan mentega pada saat proses pembakaran. Jangan terlalu banyak menambahkan mentega ya Moms, karena hal ini bisa meningkatkan kadar kalori pada ikan.

cara mengolah ikan dengan metode poaching
Fish Poaching

3. Cara Mengolah ikan dengan metode poaching

Poaching merupakan teknik memasak dengan rendaman air sebagai larutan penambah rasa. Untuk pilihan air rendaman ikan, Moms bisa menggunakan air kaldu sayur atau ayam. Air hanya digunakan pada saat proses memasak saja ya Moms. Karena pada saat penyajian ikan disajikan tanpa kuah yang mungkin bisa Moms sajikan menjadi salad ikan dengan cara ikan yang sudah melalui proses poaching kemudian disuwir-suwir dan disajikan bersama sayuran pelengkap salad. Teknik poaching ini sangat baik untuk menjaga kandungan yang terdapat pada ikan.

Cara mengolah ikan dengan metode grilling
Fish Grilling

4. Cara Mengolah ikan dengan metode grilling

Grilling merupakan mengolah ikan dengan cara memanggang di atas panggangan terbuka dengan kondisi ikan yang sudah di fillet dan dipotong menjadi beberapa bagian. Jenis ikan yang cocok diolah menggunakan metode ini yaitu salmon dan tuna karena daging nya yang cukup tebal. Dalam proses grill ini jangan dilakukan terlalu lama ya Moms agar kandungan gizi yang terdapat pada ikan tidak rusak.

 Cara Mengolah ikan dengan metode pan frying
Pan Frying

5. Cara Mengolah ikan dengan metode pan frying

Menggunakan mentega dalam proses pan frying bisa menambah nutrisi yang baik untuk tubuh selama penggunaannya dalam batas wajar, hal ini karena mentega memiliki kandungan vitamin A,E,K dan selenium.

Solusi Anti Ribet Mengolah Ikan

Melihat beberapa cara dalam mengolah ikan diatas tampaknya begitu gampang-gampang saja ya Moms. Tapi kalau untuk Moms yang tidak memiliki cukup waktu untuk mengolah nya bagaimana? Percuma saja kan kalau hanya gampang tapi tidak dipraktekkan karena tidak memiliki waktu. Oleh karena itu jangan risau jangan khawatir Moms,kini  https://sipetek.id/produk/ hadir bagi Moms yang aktif bekerja hingga tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mengolah ikan dengan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas namun tetap ingin memberikan nutrisi terbaik untuk keluarga. Terimaksih sudah singgah dan membaca tulisan di atas, untuk artikel lainnya bisa kunjungi https://sipetek.id/blog/. Semoga bermanfaat Moms.