Moms sedang dalam proses kehamilan? Jika iya, pasti nya mendengar kata  keguguran sudah tidak asing lagi di telinga para ibu hamil ya Moms. Ya keguguran merupakan kondisi yang paling ditakutkan oleh para ibu hamil. Keguguran adalah kematian janin di usia trimester pertama,kedua atau sebelum janin memasuki usia 20 minggu. Banyak faktor yang dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil.

Salah satu nya bisa diakibatkan dari asupan makanan lho Moms. Oleh karena itu asupan makanan yang dikonsumsi pada saat kehamilan harus diperhatikan secara khusus untuk menghindari keguguran ini. Lantas apa saja kira-kira makanan penguat kandungan ya Moms? Untuk mencari tahu jawabannya, simak tulisan di bawah ini.

Makanan Sehat Penguat Kandungan

Diatas sudah dikatakan bahwa salah satu penyebab keguguran pada ibu hamil dapat diakibatkan dari buruknya asupan nutrisi pada masa kehamilan. Seharusnya pada masa kehamilan asupan nutrisi yang masuk kedalam tubuh harus lebih diperhatikan. Untuk mencegah keguguran, tak sedikit dari ibu hamil yang memilih untuk mengkonsumsi obat penguat kandungan. Padahal dibanding mengkonsumsi obat penguat kandungan, ada baiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat bagi kehamilan.

Tak hanya baik bagi kesehatan, tetapi juga bermanfaat sebagai makanan penguat kandungan untuk cegah keguguran, terutama bagi ibu hamil yang pernah mengalami keguguran di kehamilan sebelumnya atau memiliki risiko mengalami keguguran akibat kondisi kandungan yang lemah. Berikut deretan makanan yang dapat menguatkan kandungan dikutip dari https://www.popmama.com/pregnancy/first-trimester/donahandayani/penguat-kandungan-alami-untuk-trimester-pertama/full

Image result for susu
Ilustrasi Susu

1. Makanan Penguat Kandungan – Susu dan Produk Olahan nya

Susu dan produk olahannya sangat kaya akan kalsium. Kalsium ini sendiri merupakan komponen nutrisi yang sangat penting untuk ibu hamil dan pertumbuhan tulang pada janin yang sedang dikandung nya. Selain kalsium, susu juga dilengkapi dengan vitamin D yang dapat membantu proses penyerapan kalsium dan baik untuk metabolisme tubuh. Contoh produk olahan susu diantaranya yaitu keju dan yoghurt.

Image result for kurma
Kurma

2. Makanan Penguat Kandungan – Kurma

Selain sebagai makanan untuk buka puasa, ternyata kurma juga sangat dianjurkan untuk ibu hamil lho Moms. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kurma sangat melimpah mulai dari potasium, magnesium, kalsium, zat besi, vitamin K, protein sampai asam folat. Kurma ini sangat baik untuk meningkatkan kadar Hemoglobin dalam tubuh sehingga dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

Image result for alpukat
Alpukat

3. Makanan Penguat Kandungan – Alpukat

Keajaiban buah alpukat untuk ibu hamil memang sudah tidak diragukan lagi ya Moms. Kandungan nutrisi lengkap yang terkandung dalam buah alpukat seperti asam folat, vitamin C, serat dan mineral sangat baik untuk menguatkan kandungan dan mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti depresi, lesu, anemia dan prelampsia.

Image result for Sayuran hijau
Sayuran Hijau

4. Makanan Penguat Kandungan – Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam dan sawi sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin oleh ibu hamil terutama bagi ibu hamil dengan kandungan yang lemah. Kandungan asam folat, kalsium, protein, vitamin A, C dan K sangat baik untuk menguatkan kandungan dan menangkal radikal bebas.

Image result for telur
Telur

5. Makanan Penguat Kandungan – Telur

Telur merupakan salah satu makanan dengan sumber protein yang cukup tinggi. Di dalam sebuah telur terdapat kandungan asam omega 3 yang baik untuk meguatkan kandungan serta sangat baik bagi pertumbuhan otak pada janin. Namun perlu di ingat ya Moms, bagi ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi telur dalam kondisi setengah matang apalagi mentah.

Image result for madu
Madu

6. Makanan Penguat Kandungan – Madu

Kandungan vitamin dan mineral pada madu sangat bermanfaat dalam menjaga stamina pada ibu hamil. Madu yang dikonsumsi harus madu murni tanpa campuran gula ya Moms. Untuk ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi madu setidaknya dua kali sehari dengan takaran 1sdm.

Image result for ikan
Ikan

7. Makanan Penguat Kandungan – Ikan

Ikan laut maupun ikan tawar sama-sama memiliki kandungan protein dan omega 3 yang baik untuk menguatkan kandungan dan membantu pertumbuhan otak janin. Ikan harus diolah secara benar ya Moms agar kandungan merkuri pada ikan tidak terbawa ketika hendak dimakan. Untuk ibu hamil juga sangat tidak disarankan mengkonsumsi ikan mentah seperti sushi. Jika Moms tidak memiliki cukup waktu dan tenaga untuk mengolah nya sendiri, Moms bisa dapatkan produk olahan ikan di https://sipetek.id/produk/.

Itulah 7 daftar makanan yang dapat menguatkan kandungan dan mencegah terjadinya keguguran pada ibu hamil. Selalu perhatikan asupan makanan pada tubuh ya Moms. Berikan yang terbaik untuk diri sendiri dan juga janin yang sedang dikandung agar Moms dan calon bayi selalu dalam kondisi yang sehat sampai waktu melahirkan tiba. Informasi diatas semoga bermanfaat ya Moms, untuk artikel lainnya bisa Moms lihat di https://sipetek.id/blog/