Kamu Pemula? Begini 4 Tips Memelihara Ikan Cupang

1 min read

Ikan cupang masih menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar ikan hias beberapa bulan terakhir ini. Jika dulu ikan cupang dijual dengan harga murah, kini ikan yang terkenal agresif ini bahkan dibandrol dengan harga jutaan rupiah.

Harga ikan cupang yang naik dengan drastis tersebut membuat semakin banyak orang mulai memelihara ikan ini. Namun tak jarang para pemula yang belum tahu cara memelihara ikan cupang sehingga berujung pada kematian ikan tersebut.

Berikut tips memelihara ikan cupang bagi pemula

  1. Memilih jenis ikan

Jangan cepat-cepat menentukan ikan cupang tanpa mengetahui jenisnya dahulu tapi tentukan dulu, apakah kamu mau berbisnis, koleksi atau sekadar berlatih memelihara. Peternak dan penjual ikan cupang asal Bekasi, Eko Supriyadi menyarankan jenis Nemo atau Koi jika mencari yang harganya masih terjangkau, sekaligus berpeluang cukup tinggi dalam menghasilkan keturunan yang mampu bermutasi dengan bagus.

“Jadi sebenarnya untuk pemula bisa main jenis apa saja, tergantung budget. Selain itu tergantung orientasi, mau cuma buat koleksi saja atau buat bisnis,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

  1. Memilih ukuran wadah yang tepat

Tips merawat ikan cupang selanjutnya adalah memilih wadah yang tepat untuk menjadi tempat hidup ikan cupang. Sebenarnya, kamu bisa memakan wadah apa saja untuk ikan cupangmu.

Namun, jika kamu punya budget lebih, alangkah baiknya untuk membeli akuarium. Akuariumnya sendiri memiliki dimensi tak kurang dari dimensi 20 x 15 x 15 centimeter. Ukuran yang cukup pas dengan ukuran cupang yang relatif kecil.

  1. Perhatikan air yang digunakan

Hal lain yang tak boleh dilewatkan dalam memelihara cupang adalah menjada kualitas air yang digunakan. Kamu bisa menyediakan air tawar misalkan air sumur untuk ikan cupang. Jangan lupa untuk mengganti air tersebut jika jika kotor, minimal tiga hari sekali.

  1. Memilih makanan yang tepat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan cupang adalah pemilihan makanan yang tepat. Makanan merupakan salah satu hal esensial agar ikan cupangmu tetap terawat dengan baik. Adapun makanan yang biasa dimakan ikan cupang antara lain kutu air, udang daun jati, daun ketapang, dan tanaman spirulin.

Berilah makan cupang sedikit demi sedikit. Jika terlihat sudah habis, tambahlah sedikit untuk melihat apakah ikan cupangmu hanya membutuhkan makanan yang relatif sedikit. Tips ini dilakukan untuk menjaga akuarium mu tetap bersih sekaligus menghindari cupang tersebut dari pernyakit karena bekas kotoran makanan.

Bunda wajib tahu! 3 Tips Paling Sehat Mengolah Ikan

Mengonsumi ikan memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ini karena ikan merupakan sumber gizi yang tinggi seperti vitamin A, vitamin D,...
Admin - Yoghi
46 sec read

Penggemar Ikan Hias Harus Tahu! Ini Dia Ikan Hias…

Mempunyai akuarium dirumah memang mengasyikkan ya apalagi ketika bosan ikan hias yang ada dirawat diakuarium bisa menjadi hiburan tersendiri. Ikan hias tawar yang cantik...
Admin - Yoghi
1 min read

Gawat ! Ini Dia Ikan Hias Tawar Yang Langka…

Bagi mereka penggemar ikan hias, mempunyai akuarium dirumah memang mengasyikkan ya apalagi ketika bosan ikan hias yang ada dirawat di akuarium bisa menjadi hiburan...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *