Tips Ampuh! Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Amis

1 min read

Ikan menjadi makanan yang sehari-sehari yang sering dikonsumsi. Berbagai macam olahan ikan dengan bisa ditemukan dengan mudah, namun pengolahan ikan untuk menghilangkan bau amis masih menjadi masalah yang sering terjadi. Pasalnya bau amis pada ikan dapat mengurangi cita rasa ikan ikan tersebut.

Berikut cara ampuh menghilangkan bau amis pada ikan

  1. Memilih ikan yang masih segar

Menetukan ikan yang segar dapat dilakukan dengan melihat penampkan luarnya. Sebab hal tersebut akan menentukan hasil akhir dari olahan yang akan dihasilkan. Ikan yang segar akan memiliki kualitas daging dan aroma yang masih khas ikan,tak seperti ikan lama yang cenderung mengeluarkan bau amis menyengat. Usahakan bunda memilih jenis ikan yang masih segar di pasar tradisional. Hindari ikan beku karena kualitasnya tak sebagus ikan yang masih segar.

  1. Berisihkan ikan hingga benar-benar bersih

Memberishkan ikan hingga benar-benar bersih adalah satu cara menghilangkan bau amis ikan yang tak boleh dilewatkan. Pastikan bunda telah membersihkan seluruh bagian pada ikan, dari mulai sisik bahkan hingga jeroannya. Bunda juga harus dapat memastikan tak ada kotoran yang menempel pada ikan. Bila tidak, maka ikan akan mudah beraroma tak sedap atau amis.

  1. Marinasi ikan

Sebelum diolah, ikan harus melewati proses marinasi terlebih dahulu. Tujuannya  tentu saja agar aroma amis atau tak sedap dapat hilang. Selain itu, bumbu yang digunakan juga dapat meresap secara maksimal. Gunakan bahan-bahan yang tepat untuk marinas, seperti jeruk nipis atau lemon. Pemilihan bumbu yang tepat juga rupanya membantu menghilangkan bua amis ikan. Durasi marinasi biasanya sekitar 20-30 menit.

  1. Memasukkan ikan setelah bumbu matang

Meskipun cara yang satu ini bersifat optional tak ada salahnya jika bunda tetap melakukannya agar bau amis ikan benar-benar hilang. Bunda bisa cek di 5 bumbu bahan dapur yang ampuh hilangkan bau amis pada ikan Jika bunda mengolah ikan menjadi sup, maka memasukan ikan ketika memastikan bahwa bumbu telah matang. Hal ini bertujuan agar rempah yang digunakan akan meresap sempurna pada ikan dan cita rasanya pun akan maksimal.

Nah itulah tadi cara menghilangkan bau amis pada ikan. Semoga bermanfaat.

Bunda wajib tahu! 3 Tips Paling Sehat Mengolah Ikan

Mengonsumi ikan memang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Ini karena ikan merupakan sumber gizi yang tinggi seperti vitamin A, vitamin D,...
Admin - Yoghi
46 sec read

Kamu Pemula? Begini 4 Tips Memelihara Ikan Cupang

Ikan cupang masih menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar ikan hias beberapa bulan terakhir ini. Jika dulu ikan cupang dijual dengan harga murah, kini...
Admin - Yoghi
1 min read

Penggemar Ikan Hias Harus Tahu! Ini Dia Ikan Hias…

Mempunyai akuarium dirumah memang mengasyikkan ya apalagi ketika bosan ikan hias yang ada dirawat diakuarium bisa menjadi hiburan tersendiri. Ikan hias tawar yang cantik...
Admin - Yoghi
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *