Bahaya Rakitis yang Menyerang Anak, Bagaimana Cara Mencegahnya?

1 min read

Bunda dan Ayah pernah mendengar penyakit Rakitis? Penyakit yang ternyata dapat menyerang anak-anak ini jika dibiarkan bisa dirasakan anak hingga ia dewasa. Lalu jenis penyakit apakah ini?

Rakitis adalah kelainan yang menyebabkan tulang menjadi lunak dan lemah. Kelainan ini membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi terhambat, bahkan tulang tersebut mudah patah atau berubah bentuk dan tidak normal.

Gejala anak yang menderita Rakitis:

  • Nyeri pada tulang
  • Mudah patah tulang atau tulang rapuh
  • Perubahan bentuk tulang yang tidak normal seperti kaki dan tempurung lutut bengkok, tulang belakang membungkuk, dan tengkorak kepala lunak
  • Terlambatnya pertumbuhan dan perkembangan anak, baik kemampuan berjalannya maupun pertumbuhan gigi.

Beberapa penyebab anak dapat mengalami penyakit Rakitis, yaitu:

  • Kekurangan Kalsium dan Vitamin D
  • Jarang terpapar sinar matahari
  • Kelainan genetik

Kekurangan Kalsium dan Vitamin D ini adalah penyebab yang paling sering terjadi. Bagaimana cara mencegahnya? Tentu saja Bunda dan Ayah harus mencukupi kebutuhan Kalsium dan Vitamin D tersebut. Perlu dicatat ya, sumber kalsium itu tidak hanya susu. Masih banyak sumber kalsium yang dapat Bunda dan Ayah berikan kepada si kecil, misalnya Sipetek Crispy Ikan.

Dalam 100g Sipetek Crispy Ikan mengandung 2114mg kalsium. Jumlah ini bahkan 16x lipat lebih banyak dari susu yang hanya 125mg. Apa jumlah ini tidak terlalu besar jika dikonsumsi? Tentu saja tidak, kebutuhan anak akan kalsium memang hanya 200-1000mg per hari. Nah Sipetek Crispy Ikan ini dapat Bunda dan Ayah berikan selama beberapa hari. Jadi tidak perlu habis dalam satu kali makan ya.

Lalu bagaimana dengan Vitamin D? Vitamin D dibutuhkan untuk penyerapan kalsium. Jika kekurangan vitamin ini maka kalsium tidak dapat terserap dengan baik. Kabar baiknya Sipetek Crispy Ikan juga mengandung Vitamin D. Anak membutuhkan sekitar 10µ Vitamin D per harinya, dan Sipetek Crispy Ikan mengandung 15,7µ Vitamin D. Jumlah ini tentu saja sudah lebih dari cukup untuk mencukupi kebutuhan anak akan Vitamin D.

Bagaimana? Bunda dan Ayah tidak perlu panik, Rakitis bisa dicegah asalkan kita sebagai orangtua memahami kebutuhan gizi yang dibutuhkan si kecil.

Yuk hidup sehat dengan konsumsi Sipetek Crispy Ikan!

Sumber: Klikdokter.com, Alodokter.com, Hellosehat.com, Sipetek.id

Gizi dari Ikan dan Sayur yang Saling Melengkapi

Ikan dan sayur adalah dua jenis unsur makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna. Keduanya memiliki fungsi dan manfaatnya masing-masing untuk tubuh.
Admin - Yoghi
33 sec read

Anak suka pilih-pilih makanan? Ini cara atasinya!

Anak Bunda suka pilih-pilih makanan? Atau lebih senang makan junk food dibanding makanan sehat? Bunda perlu waspada karena si kecil mungkin memiliki gejala Picky...
Admin - Yoghi
1 min read

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Mata merupakan salah satu organ yang sangat vital bagi manusia. Sekitar 80% dari informasi yang kita terima berasal dari mata. Oleh karena itu penting...
Admin - Yoghi
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *