Mengenal Usaha Sipetek Crispy Ikan

1 min read

 SIPETEK.ID ─ Sipetek Crispy Ikan adalah sebuah brand yang hadir sejak 2014 untuk memanfaatkan ikan lokal menjadi produk unggulan sebagai sumber pendapatan baru bagi warga desa. Aang Permana (Kang Aang), anak desa lulusan Institut Pertanian Bogor (IPB) ini memilih resign dari perusahaan Oil & Gas karena melihat potensi besar dari komoditas lokal yang ada di Danau Cirata Cianjur, yaitu Ikan Petek Danau (ikan air tawar). Ikan mungil ini sangat melimpah di sana, tapi tidak dimanfaatkan karena aromanya yang amis. Padahal ikan-ikan yang baunya amis biasanya memiliki kandungan gizi yang tinggi, khususnya Protein.

Kemudian dengan rasa penasaran yang tinggi, ia membawa sample Ikan Petek ini untuk diuji di Laboratorium Balai Besar Industri Agro (BBIA) di Bogor. Dan ternyata hasilnya sangat menggembirakan. Bukan hanya memiliki kandungan Protein yang tinggi, ikan mungil ini memiliki kandungan Kalsium yang sangat tinggi bahkan 8 kali lebih banyak daripada kalsium pada susu sapi. Tidak hanya itu, terdapat juga Asam Folat, Vitamin D, Zat Besi, Zinc, DHA dan tentunya gizi-gizi ini sangat baik untuk pertumbuhan dan tumbuh kembang anak-anak.

Melihat peluang ini, Kang Aang langsung merangkul nelayan-nelayan Danau Cirata untuk ikut terlibat dalam memanfaatkan Ikan Petek yang tadinya terbuang menjadi sumber uang bagi warga sekitar. Dengan pembekalan keterampilan yang diberikan kepada ibu-ibu sekitar, munculah produk pertama dengan merek awal Crispy Ikan. Dari waktu ke waktu, semakin banyak masyarakat yang terlibat dan terus berupaya menghasilkan inovasi-inovasi baru hingga sekarang banyak diapresiasi baik oleh pemerintah maupun swasta.

Salah satu inovasi yang telah dilakukan adalah re-branding Crispy Ikan menjadi Sipetek Crispy Ikan. Didukung dengan rasa Non MSG yang variatif dan kemasan baru yang sudah memenuhi standar konsumsi, lebih eyecathing, praktis dibawa ke mana saja, dan tentunya terdapat informasi nilai gizi yang lengkap.

Untuk pemasaran, Sipetek Crispy Ikan menggunakan sistem kereselleran yang terbuka untuk siapa pun yang ingin menjual produk berkualitas, bermanfaat, ingin ikut berpartisipasi dalam membangun desa, serta ingin belajar tentang bisnis dari usaha ini.

Lebih dari itu, Sipetek Crispy Ikan memiliki visi untuk Menjadi Perusahan Perikanan Berskala Nasional yang Menjadi Kebanggaan Masyarakat Desa. Maka dengan hadirnya usaha sosial ini, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga bisa lebih sejahtera dan meningkatkan perekonomian desa yang mandiri dan berdaya saing.

Dengan membeli produk desa ini, Anda telah ikut serta berpartisipasi aktif memberdayakan masyarakat desa dan membangun Indonesia dari desa. Ayo dukung terus produk lokal!

Berwirausaha Tanpa Modal dengan Program SIPETEKPRENEUR

Crispy Ikan Sipetek membuka program mahasiswa berwirausaha. Program ini bernama SIPETEKPRENEUR yang dikhususkan untuk mahasiswa yang ingin berwirausaha tanpa modal.
Admin - Yoghi
49 sec read

Donasi Sipetek untuk Anak Yatim dan Dhuafa di Cianjur…

Berkat dukungan dan bantuan para Reseller serta konsumen setia, Manajemen Sipetek akhirnya dapat menyalurkan donasi yang sudah terkumpul untuk anak yatim dan dhuafa di...
Admin - Yoghi
20 sec read

Pemenang Sepeda Sipetek

Crispy Ikan Sipetek telah mengumumkan Pemenang Sepeda Sipetek. Adik yang beruntung ini adalah Cattalya. Cattalya berhasil memenangkan sepeda karena ia telah mengisi kuesioner tentang...
Admin - Yoghi
40 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *